Minggu, 29 Juli 2018

Keceriaan Anak-anak Desa Binoh





Anak-anak merupakan aset berharga bagi orang tua dan masa depan bangsa, begitupun harapan dari orang-orang di seluruh Indonesia khususnya di Desa Binoh Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, Madura. Anak-anak di Desa Binoh berkisar antara umur 5-10 tahun pada dasarnya masih dalam tahapan meniru (Play Stage). Dimana dalam tahapan ini, seorang anak mulai melihat dan meniru peran yang dijalankan oleh orang lain tetapi ia belum mengetahui maksud dan tujuannya.
Tahapan meniru tindakan orang lain ini merupakan tahapan sosialisasi kedua setelah anak-anak lahir di dunia. Dalam tahapan ini adalah proses dimana seorang anak membangun jati dirinya untuk masa dewasa kelak. Begitupun yang dilakukan oleh anak-anak yang terdapat di Desa Binoh, mereka sangat aktif dalam bermain dan belajar. Pembelajaran yang mereka lakukan di iringi dengan permainan yang seru dan edukatif.
Mereka giat dalam menuntut ilmu baru yang diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung dari orang lain. Mereka sangat aktif dan enerjik, sebab itu anak-anak ini sebagai aset berharga yang harus di pupuk dengan pengetahuan dan sosialisasi yang baik. Sosialisasi yang dilaksanakan oleh kakak-kakak mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang diberikan pada waktu KKN di Desa Binoh adalah sosialisasi pengetahuan umum atau belajar dengan gaya meniru tokoh-tokoh kartun sebagai media pembelajarannya.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan pola pikir anak-anak. Dalam kegiatan ini diharapkan anak-anak di Binoh mampu menirukan tentang apa yang dilakukan oleh kakak-kakak mahasiswa yang sedang melaksanakan pengabdian di Desa ini. Lalu, untuk pembelajaran yang dilakukan dengan media tokoh kartun diberikan agar anak-anak dapat memahami sisi baik dan buruk dari sebuah cerita yang dipaparkan oleh kakak-kakak mahasiswa. Dalam pembelajaran tersebut, kakak-kakak mahasiswa bercerita tentang kisah kelinci dan kura-kura yang sedang melakukan lomba balap. Dalam cerita ini diharapkan anak-anak mampu mengetahui tentang pesan moral dari cerita yang di paparkan oleh kakak-kakak mahasiswa. Sosialisasi ini ditujukan agar anak-anak yang terdapat di Desa Binoh mampu berproses menuju dewasa yang lebih baik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Upacara HUT RI Ke-73 di Desa Binoh Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak terasa sudah mencapai angka 73 tahun lam...