Minggu, 22 Juli 2018

Profil Desa Binoh


Profil  Desa Binoh Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan

Binoh merupakan desa yang terdapat di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur dengan potensi-potensi alam yang asri nan beragam. Desa ini memiliki 6 dusun. Desa Binoh yang telah memiliki Kampung KB dan kampung Kependudukan yang ditujukan untuk akses informasi guna pembangunan indeks manusia di desa ini. Desa Binoh merupakan desa yang memiliki potensi alam seperti bukit di sisi selatan dari balai desa Binoh sendiri. Selain itu, pertanian yang banyak ditemui di desa ini adalah kacang tanah, jagung dan tanaman palawija lainnya. Banyaknya potensi pertanian yang ada di Binoh ini membuat pemerintahan desa melalui kepala desa membentuk kelompok tani yang diketuai oleh bapak Mista’in. Kelompok tani di Desa Binoh ini telah memiliki 100 anggota dan telah mendapatkan beberapa bantuan bibit pertanian seperti bibit kedelai yang berjumlah 1 ton dan lain sebagainya. Hadirnya kelompok tani ini terbukti dapat meningkatkan hasil panen petani Desa Binoh hingga 10 ton padi setiap musimnya (Wawancara Ketua Kelompok Tani, 16 Mei 2018 di Dsn.Tamandikeh Ds.Binoh).

Selain kampung KB dan Kelompok Pertanian yang dimiliki oleh Desa Binoh, potensi lain yang diunggulkan di desa ini adalah peternakan kuda pacu yang menjadi salah satu keunikan tersendiri saat datang di Desa Binoh. Kuda di desa ini sudah melanglang buana dan telah menjuarai kompetisi-kompetisi regional maupaun nasional. Salah satu contoh yakni kuda pacuan dari bapak Kepala Desa Binoh yakni Pak Romli Adi telah menjuarai lomba kuda pacu di tingkat Madura. Keunikan tersendiri yang dimiliki oleh desa Binoh ini merupakan potensi yang saatnya di berdayakan baik oleh pemerintahan dan masyarakat terkait serta pihak-pihak swasta ataupun yang lainnya untuk mengenalkan dan mengembangkan potensi unik ini agar dapat menambah pendapatan desa dan memperkenalkan desa Binoh kepada masyarakat luas seluruh Indonesia. Kemudian selain itu, kesejahteraan masyarakat dapat di wujudkan dengan cara mengelola Sumber Daya Manusia yang di kolaborasikan dengan Sumber Daya Alam atau potensi alam yang dimiliki. Apabila hal ini dapat dikelola oleh stakeholder yang ada di desa, maka kesejahteraan masyarakat akan dapat di wujudkan. Pengembangan potensi tentunya diiringi dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa ini salah satunya melalui jalur pendidikan.
Pendidikan yang terdapat di Desa Binoh Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan ditandai dengan adanya sekolahan Negeri dan sekolah yayasan islam sudah banyak didapati di Desa Binoh ini. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Binoh sadar akan pentingnya pendidikan formal guna mempersiapkan masa depan yang cemerlang demi kemajuan Desa Binoh. Sekolah di Binoh yakni Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Hadirnya sekolahan ini sebagai jalan awal menuju pembangunan sumber daya manusia di desa ini. Selain sekolah, di Desa yang dikepalai oleh Pak Romli Adi ini juga memiliki pasar sebagai sarana masyarakat dalam berniaga dan perputaran keuangan masyarakat Desa Binoh.
Pasar Tona'an adalah nama dari pasar yang digunakan oleh warga Desa Binoh dan sekitarnya untuk melakukan proses jual beli barang dan jasa. Pasar ini terdapat di Binoh bagian barat, pasar ini berdiri di pinggir jalan utama menuju jantung Desa Binoh. Jadi, masyarakat yang akan maupun dari Desa Binoh akan melewati pasar ini. Pasar ini buka sejak pagi hingga siang hari. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai macam sayuran dan kebutuhan dapur lainnya, namun di sini juga terdapat kedai tempat penjualan jasa seperti percetakan undangan dan sama seperti keberadaan pasar-pasar di Madura. Namun, bedanya di pasar ini tidak terdapat niaga ternak seperti sapi dan kambing seperti yang biasa ditemui di pasar besar di seluruh Madura.
Berbagai potensi yang terdapat di Desa Binoh merupakan modal untuk dioptimalkan guna kesejahteraan masyarakat dalam segi ekonomi dan yang lainnya. Begitu pula kerjasama antar stakeholder yakni pemerintahan terkait, masyarakat dan pihak ketiga yakni swasta atau yang lain sebagai kunci dari pembangunan wilayah. Selain itu, hadirnya pendidikan tinggi di Pulau Madura juga menjadi salah satu alat untuk membantu kesejahteraan masyarakat Madura secara umum dan khususnya masyarakat Desa Binoh. Hadirnya mahasiswa KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura tahun 2018 diharapkan mampu untuk mengkolaborasikan antara SDA dan SDM yang terdapat di desa ini. Kemudian, peranan mahasiswa sebagai aktualisasi akan keilmuan yang didapatkan di perkuliahan akan diuji dengan melaksanakan suatu program kerja yang bertujuan untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Binoh. Kelompok 65 KKN Tematik UTM 2018 hadir dengan program kerja yakni optimalisasi potensi pangan dari Desa Binoh untuk memberikan solusi akan kesejahteraan masyarakat secara ekonomi. Program kerja yang dilaksanakan oleh Kelompok 65 adalah pelatihan pembuatan kacang sembunyi dan kacang asin sangrai sebagai salah satu bentuk optimalisasi potensi pangan yang terdapat di Desa Binoh Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Upacara HUT RI Ke-73 di Desa Binoh Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak terasa sudah mencapai angka 73 tahun lam...