Rabu, 25 Juli 2018

Senam Sehat Ala Dedek Gemes TK Miftahul Ulum Binoh


Pembangunan Sumber Daya Manusia salah satunya diawali dengan proses pendidikan sejak dini. Pendidikan dimulai dari sosialisasi primer yang dilakukan oleh orang tua secara langsung serta dilakukan dengan komunikasi dengan orang lain di dalam masyarakat dan yang paling penting adalah pendidikan formal. Pendidikan formal yaitu pendidikan yang dilakukan di suatu tempat dengan sistem yang baik dan dibawah naungan Kemendikbud ataupun swasta. Dalam hal ini sekolah adalah sektor utama dalam pendidikan formal.
Sumber Daya Manusia yang baik dan berkualitas dapat ditemukan apabila salah satu sektor yakni dari pendidikan yang tinggi. Jika pendidikan tinggi, diharapkan pemikiran dari seseorang atau masyarakat semakin kritis terhadap situasi sosial dan peluang-peluang sosial di dalam masyarakat. Pendidikan formal pertama yang biasa dilakukan oleh seseoranng yakni di jenjang Taman Kanak-Kanak (TK). Seperti halnya pendidikan yang ditempuh oleh adik-adik di Desa Binoh Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan terlihat di TK Miftahul Ulum yang berada di Dsn.Dukoh, Binoh. TK ini berada dalam naungan yayasan islam yang terdapat di Binoh

Hari masuk di Taman Kanak-Kanak ini senin-kamis, jumat libur dan minggu tetap masuk. Hari minggu hanya di isi dengan kegiatan olahraga dan kecerdasan berkreatifitas. Ada yang berbeda di hari minggu ini ketika ada kakak-kakak dari Universitas Trunojoyo Madura yang sedang KKN di Desa Binoh dan ikut serta berbagi ilmu kepada adik-adik TK Miftahul Ulum. Keceriaan adik-adik nampak terpancar di raut wajah mereka saat berbaris dan mengikuti senam bersama dengan kakak-kakak dari UTM. Senam yang diiringi musik senam pinguin dan senam pagi ini memberikan sensasi yang berbeda dengan hari-hari biasanya bagi adik-adik TK. Mereka sangat antusias yang dibuktikan dengan terus mengikuti setiap gerakan yang dipandu oleh kakak mahasiswa KKN UTM yang ada didepan. Meskipun mereka masih anak-anak, akan tetapi semangat mereka tidak kalah dengan orang dewasa. Mereka mampu menuntaskan senam dengan ceria dan gembira. Meskipun ada yang nangis karena di kira ada suntikan imun dari dinas kesehatan. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dan senam berjalan dengan lancar.

Senam yang dilaksanakan ini bertujuan untuk  menambah kebugaran dan kesehatan dari adik-adik TK ini. Setelah senam, agenda dilanjutkan dengan bercerita boneka tangan dan kreatifitas origami. Agenda yang dilakukan oleh mahasiswa UTM ini sebagai kegiatan pendukung dalam rangka Kuliah Kerja Nyata tahun 2018. Dengan adanya program ini diharapkan adik-adik TK Miftahul Ulum dapat memperoleh pengalaman dan ilmu baru. Selain itu juga, hal yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UTM ini merupakan keikutsertaan mereka dalam membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdapat di Desa Binoh. Mahasiswa KKN UTM Kelompok 65 yakin bahwa melalui pendidikan, seseorang akan berkualitas dalam hidupnya. Maka dari itu, program pendukung yang dilaksanakan rutin setiap hari Kamis – Minggu selama 1 bulan diharapkan dapat membantu dan memberikan manfaat kepada seluruh adik-adik TK Miftahul Ulum dan khususnya kepada seluruh warga Desa Binoh.
Senam yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UTM dengan adik-adik TK Miftahul Ulum ini dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana awal bahwa adik-adik TK sangat aktif dan gembira. Hal ini diharapkan dapat menambah motivasi diri mereka agar gemar berolahraga setiap harinya. Olahraga setiap hari dapat menyehatkan tubuh, apabila tubuh sehat maka konsentrasi belajar akan penuh dan kecerdasan motorik adik-adik akan bertambah. Kemudian sumber daya manusia yang terdapat di Desa Binoh akan berkembang guna pembangunan dan kemajuan Desa Binoh.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar