Rabu, 08 Agustus 2018

Kampung KB Desa Binoh


Program Keluarga Berencana sudah tidak asing lagi kita dengar dan kita dapati di sekeliling kehidupan kita yang di rumuskan oleh Badan kependudukan keluarga berencana Nasional (BkkbN). Tujuan dari adanya program keluarga berencana yaitu sebagai upaya penanggulangan kepadatan penduduk di Indonesia dan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia. Berbagai program diberikan kepada pasangan suami istri agar membatasi keturunannya maksimal 2 anak. 2 anak cukup merupakan slogan yang diberikan oleh BkkbN dengan dalih memberikan perencanaan terhadap kelangsungan hidup keluarga dan manusia di Indonesia agar kualitas hidup lebih baik.

Program yang ditawarkan oleh BkkbN diantaranya suntik KB, Pil KB, KB Andalan dan masih banyak lagi. Hal tersebut di berikan oleh BkkbN sebagai upaya pengurangan kuantitas penduduk di Indonesia. Namun, di sisi lain program dari BkkbN adalah keluarga berencana yang ber-slogan Genre (Generasi Berencana) yang ditujukan bukan hanya fokus kepada pasangan suami istri saja, melainkan kepada generasi muda yang nantinya sebagai calon pemimpin bangsa. Program yang diberikan oleh BkkbN ini diantaranya PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan), Pembangunan Berwawasan Kependudukan dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar pemuda sebagai generasi penerus bangsa dapat merencanakan kehidupannya kelak dengan strategi dan tujuan yang terarah. Hal ini seyogyanya sebagai out put atau tujuan utama dari BkkbN yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar masyarakat semakin bijak, baik dan sejahtera secara intelektual.
Program Keluarga Berencana ini sudah banyak di dapati di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di pulau Madura. Desa Binoh Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu desa yang dipilih sebagai kampung KB. Kampung KB di Desa Binoh ini dikelola oleh orang-orang yang memiliki kompetensi tinggi terhadap perencanaan masyarakat sejahtera melalui berbagai program KB. Kampung KB ini terdapat di Dusun Binoh Tengah dan memiliki berbagai program kegiatan, diantaranya yakni penyuluhan keluarga berencana dan penggunaan suntik KB untuk pengurangan jumlah anak dan lain-lain.
Banyak anak banyak rezeki, kepercayaan tersebut tertanam erat pada diri masyarakat Indonesia tanpa terkecuali masyarakat di Desa Binoh, Madura. Mayoritas masyarakat di desa ini memiliki 3-10 anak, dimana fenomena ini merupakan sasaran utama yang harus diatasi oleh BkkbN agar kuantitas dapat dikurangi dan kualitas sumber daya manusia dapat ditambah. Berbagai program dilaksanakan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Program terbaru yang dibentuk oleh BkkbN Jawa Timur di kampung KB di Desa Binoh yang bekerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura melalui mahasiswa KKN Tematik 2018 membangun program Rumah Data dan Pojok Kependudukan.
Rumah Data merupakan tempat yang di khususkan oleh kampung KB sebagai rumah berisi data-data terkait dengan kependudukan yang terdapat di Desa Binoh. Data di dalam rumah data berisi tentang dinamika penduduk, kuantitas penduduk, permasalahan penduduk serta solusi dari setiap permasalahan yang telah dirangkum kemudian disajikan dalam wujud brosur dan karya tulis lainnya yang bertempat di dalam rumah data. Rumah data ini dikelola langsung oleh kader atau anggota kampung KB yang terdapat di Desa Binoh.


Berikutnya yaitu, Pojok Kependudukan yang berisi tentang berbagai rangkuman terkait data desa yang hampir sama dengan data-data diatas yakni berupa permasalahan penduduk yang erat kaitannya dengan kuantitas penduduk, kualitas penduduk, mobilisasi penduduk, kesehatan penduduk dan lain sebagainya. Pojok kependudukan ini terdapat di dalam rumah data yang disajikan dalam wujud mading kependudukan. Mading ini ditujukan kepada masyarakat Binoh sebagai bahan informasi terkait informasi penduduk di desanya. Kemudian, hal ini diperbarui setiap adanya perubahan yang terjadi di desa. Perubahan misalnya terjadi peningkatan secara signifikan terhadap kuantitas penduduk, kesehatan yang meningkat atau menurun, kemajuan desa dan lain sebagainya.

Kampung KB ini ditujukan kepada masyarakat Desa Binoh yang nantinya akan diwujudkan masyarakat yang maju secara kualitas dan kuantitas penduduk serta kemajuan anak muda sebagai bibit emas bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Upacara HUT RI Ke-73 di Desa Binoh Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak terasa sudah mencapai angka 73 tahun lam...