Rabu, 08 Agustus 2018

Pendidikan Karakter dan Motivasi Pendidikan


Pendidikan merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan seseorang dan pendidikan sebagai sarana memperoleh ilmu pengetahuan serta pengalaman guna meningkatkan kualitas hidup seseorang. Generasi emas bangsa harus memiliki kemampuan dan kualitas dalam pendidikan yang tinggi. Rencana menggapai cita-cita seseorang salah satu jalannya yakni melalui pendidikan dan pelatihan yang baik dalam mengembangkan bakat yang dimiliki.
Pendidikan yang terdapat pada masyarakat Desa Binoh saat ini dapat dikatakan masih dalam taraf menengah. Masyarakat Desa Binoh banyak yang lulus SMP karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pendidikan dan kegunaan pendidikan serta bayang-bayang biaya pendidikan yang tinggi. Berakar dari hal tersebut, mahasiswa KKN Kelompok 65 Tematik Universitas Trunojoyo Madura bekerjasama dengan SDN Binoh 1 melaksanakan agenda sosialisasi pendidikan karakter dan motivasi pendidikan. Acara dilaksanakan pada hari Selasa, 07 Agustus 2018 dengan sasaran adik-adik kelas 6 SD beserta wali murid. Acara di mulai dengan sosialisasi terkait Persiapan Ujian Nasional oleh pihak kepala sekolah SDN Binoh 1 kemudian dilanjutkan oleh mahasiswa KKN UTM dengan sosialisasi pendidikan karakter dan motivasi pendidikan.


Sosialisasi ini merupakan program yang diharapkan mampu menggugah semangat adik-adik SDN Binoh 1 untuk semangat dalam menggapai cita-cita dan pendidikan tinggi. Sosialisasi ini juga ditujukan kepada wali murid sebagai pemantik semangat anak-anaknya dalam belajar dan semangat meneruskan ke jenjang pendidikan yang tinggi. Program pendidikan seperti beasiswa agar biaya pendidikan semakin mudah dan murah serta alur-alur yang ditempuh agar dapat meneruskan pendidikan serta motivasi dengan media video serta pemaparan langsung oleh mahasiswa KKN Kelompok 65 terkait pentingnya pendidikan.
Pendidikan sebagai jembatan seseorang dalam meraih kesuksesan dalam hidupnya dan melalui pendidikan pula seseorang dapat memahami dan kritis terhadap fenomena sosial dan peluang sosial yang terjadi di masyarakat. Namun, lebih penting lagi, pendidikan dapat mengantarkan seseorang ke ranah pemikiran yang rasional guna kemajuan bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Upacara HUT RI Ke-73 di Desa Binoh Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak terasa sudah mencapai angka 73 tahun lam...