Primadona Desa Binoh "Cong Binoh"


Jagung merupakan tanaman yang masuk kedalam jenis tanaman pangan, dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Masyarakat Madura menjadikan Jagung sebagai makanan pokok pengganti beras, biasanya disebut "Nasi Jagung". Komoditas unggulan Desa Binoh salah satunya adalah jagung, meskipun ada beberapa komoditas lainnya seperti kacang dan padi. Salah satu ciri khas jagung yang ada di Desa Binoh adalah ukurannya yang kecil. Selama ini, para petani menjual jagung secara langsung kepada tengkulak ataupun ke pasar dengan harga yang rendah ataupun mengkonsumsinya sendiri.

Taken by: Rifai

Taken by: Riyo

Permasalahan tersebut menjadi kendala untuk kemajuan komoditas Jagung Desa Binoh, sehingga KKN 33 berinisiatif untuk menambah nilai tambah Jagung Binoh dengan cara mengolah menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Taken by: Riyo
Selasa (08/01) - KKN 33 mengadakan sosialisai untuk mengenalkan produk unggulan kepada warga dan anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang ada di Desa Binoh. Acara tersebut dilaksanakan di rumah salah satu warga yang sekaligus ketua RT di Desa Binoh, mulai daru pukul 09.00-11.00 WIB. Besarnya antusias warga untuk mengikuti sosialisasi membuat panitia turut semangat dalam mengenalkan produk baru tersebut. Produk dengan nama “Cong Binoh” berarti Coklat Jagung Desa Binoh, yang bahan dasarnya adalah Coklat, Jagung dan Mentega. Penanggungjawab acara ini adalah Fitrohtul Ummah dan Kholifatul Firdausiyah. Pengenalan produk dimulai dari pembuatan secara langsung di hadapan ibu PKK dan diakhiri dengan foto bersama.

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai