Kartu Indonesia Sehat, Baru Terealisasikan Di Desa Binoh

Taken by: Rifai

Kartu Indonesia Sehat atau biasa disebut KIS merupakan kartu identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminas Sosial (BPJS) Kesehatan. Awalnya bernama Kartu BPJS, kemudian pada tanggal 1 Maret 2015 mulai diganti dengan KIS. Kartu ini bukan hanya untuk warga miskin, namun digunakan oleh seluruh anggota JKN.


Namun sebagian besar masyarakat yang berada di pelosok belum mendapat Kartu Indonesia Sehat, padahal akses pelayanan kesehatan menjadi prioritas pembangunan pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sehingga banyak warga yang mengeluh akan hal tersebut, tetrmasuk masyarakat yang berada di Desa Binoh.

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Penantian selama tiga tahun pun terbayar, kemarin (16/01) Kepala Desa Binoh mengadakan kegiatan pembagian KIS kepada warga Desa Binoh. Pembagian KIS dilaksanakan di rumah Kepala Desa mulai dari pukul 08.30-12.30 WIB. Sebagian anggota KKN 33 juga turut membantu membagikan KIS kepada warga. Namun, ada sebagian warga yang belum mendapat KIS dan akan segera di proses oleh Kepala Desa Binoh. Harapannya, dengan adanya KIS tersebut akses kesehatan di Desa Binoh lebih maju dan mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.