KKN 33: Isi Akhir Pekan Dengan Bersih-Bersih Sungai


Taken by: Rifai

Menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih bisa dimulai dari hal kecil, itupun bisa sambil bermain. Salah satunya membersihkan sungai dari sampah. Sungai memiliki banyak kegunaan, terutama bagi orang-orang yang tinggal didekatnya. Biasanya sungai dimanfaatkan sebagai sumber irigasi dan digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, mencuci ataupun sekadar bermain.


Akan tetapi sangat disayangkan, kebanyakan sungai di Indonesia memiliki permasalahan yang sama yaitu masalah sampah yang seakan tak berujung. Sama halnya dengan sungai yang ada di Desa Binoh, sampah menjadi permasalahan yang sulit untuk diatasi. Sungai yang dipenuhi sampah, baik sampah plastik ataupun daun-daun yang berguguran dari pohonnya hamper menutupi permukaan air. Maka dari itu, KKN 33 bersama dengan masyarakat sekitar, bergotong royong membersihkan sungai yang ada di belakang Pondok Pesantren. Sungai yang biasa dijadikan tempat bermain bagi anak-anak dan biasanya juga dimanfaatkan sebagai sumber air pertanian (irigasi).

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Taken by: Rifai

Kegiatan yang dilakukan diakhir pekan ini mengundang perhatian warga dan anak-anak yang ada. Ditemani oleh keceriaan anak-anak yang tinggal disekitar sungai, kelompok KKN 33 menjadi lebih semangat membersihkan sungai dari sampah. Semoga setelah sungai bersih dari sampah, warga sekitar menjadi lebih nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan sungai juga lingkungan menjadi lebih bersih lagi.