Ice Cream Kijang Aleng-leng Sebagai Produk Unggulan Desa Binoh





Assalamu’alaykum Wr. Wb.


Guna meningkatkan perekonomian warga desa binoh, kelompok KKN 74 melaksanakan kegiatan sosialisasi pembuatan produk unggulan yakni es krim kijang aleng-leng. Sosialisasi ini dilaksanakan sebanyak dua kali. pertama dilakukan di wilayah kelompok tani yang diketuai oleh bapak Rohman pada tanggal 10 Juli 2019 pukul 15.00-17.00 dan yang kedua dilaksanakan di wilayah kelompok tani yang diketuai oleh bapak Musta'in pada tanggal 12 Juli 2019 pukul 08.00-10.00 wib.


Es krim kijang aleng-leng merupakan inovasi es krim yang menggunakan bahan kunyit dan jagung. Nama es krim kijang aleng-leng ini merupakan singkatan dari es krim kunyit granul jagung aleng-leng. Kata aleng-leng berasal dari bahasa Madura yang berarti putar atau  keliling. Dimana pembuatan es krim ini dilakukan dengan cara diputar. Nama es krim ini dibuat agar mudah diingat dan familiar karena menggunakan kata yang unik. Pembuatan es krim ini sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. 




Pemilihan bahan sangatlah menjadi unsur utama dalam pembuatan es krim ini. Desa binoh memiliki hasil pertanian yang melimpah yakni padi, jagung dan kacang. Hasil-hasil pertanian ini yang menjadi potensi terciptanya produk unggulan desa. Jagung merupakan hasil pertanian yang jarang diolah oleh warga karena hanya ditanami saat musim kemarau. Jagung merupakan tanaman yang kaya gizi salah satunya adalah karbohidrat dan protein. Jagung didesain ini biasanya hanya dikonsumsi sebagai sayur dan dijual ke pasar atau ke tetangga. Selain jagung, kunyit merupakan bahan yang digunakan dalam es krim ini. Kunyit merupakan tanaman yang memiliki khasiat yang banyak antara lain untuk menambah nafsu makan anak, mengobati diare, menurunkan kadar lemak tinggi (hyperlipidemia), mengurangi nyeri perut (dispepsia). Kunyit memiliki kandungan gizi seperti kurkumin, minyak asiri, Pati, selulosa, lemak, karbohidrat, protein, vitamin A, v, c kalori dan kalsium. Didesa binoh ini kunyit hanya diolah sebagai bumbu dapur sehingga warga belum tau kegunaan kunyit ini. Didesain ini juga tidak ada penjual jamu sehingga es krim ini juga berperan sebagai jamu.





Antusias warga dalam sosialisasi ini sangat besar. dimana ibu-ibu yang ikut dalam sosialisasi ini ikut serta membantu dalam pembuatan es krim ini. Anak-anak kecil pun sangat senang dengan adanya pembuatan es krim ini. Sosialisasi ini merupakan hal baru untuk warga desa binoh terutama untuk anak-anak dimana anak-anak hanya mengenal es krim rasa coklat dan strawberry. Di desa ini pun penjual es krim sangatlah sedikit sehingga sosialisasi ini pun dapat menjadi peluang usaha yang besar.



 Untuk informasi kegiatan KKN 74 UTM 2019 yang lebih up to date dapat dikases melalui instragam kami 


 dan youtube kami

 
Wassalamu'alaykum Wr. Wb.