Optimalisasi Vertikultur Terhadap Ibu-Ibu Kelompok Tani, Peserta Bersemangat dalam Kegiatan Pembinaan



Assalamu'alaykum Wr. Wb.

Bertemu lagi dengan kami KKN 74 UTM 2019, kali ini KKN 74 melaksanakan program kegiatan vertikultur kepada masyarakat Desa Binoh. sebelumnya program kegiatan ini telah diselenggarakan oleh  kelompok KKN 33 akan tetapi dalam pelaksanaan terdapat perbedaan lokasi kegiatan pembinaan, yang sebelumnya dilksanakan di wilayah Bapak Musta'in kali ini dilaksanakan di wilayah kelompok tani yang diketuai oleh Bapak Rohman tepatnya Dusun Tamandikeh tanggal 8 Juli 2019 pukul 15.00-17.00.

 

Vertikultur merupakan suatu inovasi yang dikembangkan sebagai solusi untuk memanfaatkan lahan sempit tidak produktif menjadi lahan sempit yang produktif. Model, bahan, ukuran, wadah vertikultur  memiliki variasi yang sangat banyak, tinggal disesuaikan dengan kondisi dan keinginan pribadi. Umumnya berbentuk persegi panjang, segitiga, atau dibentuk mirip anak tangga yang tersusun dari beberapa rak. Bahan yang digunakan dapat berupa bambu atau pipa paralon, kaleng bekas, maupun botol bekas air mineral. 


 Desa Binoh, kecamatan Burneh. merupakan desa yang mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai petani. Menjunjung tinggi tali kekerabatan merupakan ciri khas dari masyarakat Madura. Halaman panjang atau tanean lanjhang adalah bukti kekerabatan masyarakat Madura. Tanean lanjang merupakan pemukiman tradisional  masyarakat Madura yang merupakan kumpulan rumah yang terdiri atas beberapa keluarga yang masih terikat dalam satu ikatan keluarga. model pemukiman ini memiliki halaman yang terbilang cukup luas, yang belum termanfaatkan secara maksimal. Oleh sebab itulah vertikultur merupakan inovasi yang cocok diteraspkan di desa Binoh supaya halaman atau pekarangan rumah yang ada dapat termanfaatkan secara maksimal.







untuk informasi kegiatan KKN 74 UTM 2019 yang lebih up to date dapat dikases melalui instragam kami  https://www.instagram.com/kkn74utm/

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.